INILAHCOM, Paris – Wales menetapkan rekor baru lagi dengan lolos ke perempat final di Euro 2016 setelah 1 -0 menang dari Irlandia Utara. Gareth Bale menjadi aktor utama hasil tersebut.

Bermain di Parc des Princes, Sabtu (2016/06/25) malam, Wales sedikit lebih unggul dalam penguasaan bola sampai 55 persen versus 45 persen yang melakukan Irlandia Utara. Ada banyak kesempatan yang bisa dibuat kedua tim, Wales hanya melakukan satu tembakan ke gawang dari empat percobaan, kiper sementara Irlandia tiga kali mengancam Wales.

Satu-satunya gol di pertandingan ini tercipta dari gol Gareth McAuley bunuh diri di babak kedua. Dengan hasil tersebut, di perempat final, Wales akan bertemu pemenang antara Hungaria vs Belgia, Senin (27/06/2016) besok.

Permainan

Wales mengambil inisiatif menyerang sejak awal babak pertama. kesempatan pertama mereka didapat Stuart Dallas di menit kesepuluh. Menyerang Wales mengakibatkan lulus ke Dallas bergerak ke kiri.

Dia kemudian melepaskan tendangan silang yang masih bisa dihalau kiper Wayne Hennessey dan hanya tendangan sudut.

Wales telah benar-benar mencetak gol di menit ke-19. Pakan Neil Taylor dibelokkan Sam Vokes dalam kotak penalti. bola jatuh ke Aaron Ramsey yang berdiri di depan gawang dan mengkonversikannya ke tujuan. Namun, wasit tidak mengesahkan karena Ramsey telah pertama dalam posisi offside.

Pertandingan berjalan monoton hingga memasuki menit ke-30. Kedua tim bermain sangat hati-hati sehingga sedikit kemungkinan bahwa diperoleh di babak pertama. Sampai turun minum, skor 0-0 tidak berubah.

Di babak kedua, Irlandia Utara lebih berani dalam-serangan. Mereka mengancam gawang Wales di menit ke-52. Sebuah umpan dari Ashley Williams gagal menemukan Chester dan memantul di sayap kanan. Lemparan ke dalam untuk Dallas yang mencoba berayun silang ke Lafferty, tapi upaya itu terlalu keras dan bola melambung di atas mistar gawang Wales.

Enam menit kemudian, Bale memberi ancaman ke gawang Irlandia. Tendangan bebas Gareth Bale memaksa kiper McGovern untuk menyelamatkan hit dengan blok tendangan Bale.

bola rebound kemudian langsung dimanfaatkan Irlandia untuk melakukan serangan balik cepat, tetapi skema ini dapat dipotong oleh Taylor yang harus menerima kartu kuning.

Hingga memasuki menit ke-60, serangan Irlandia Utara lebih mengandalkan bola silang dari sayap. Skema ini masih dapat dengan mudah didorong barisan belakang Wales.

The pengawalan ketat yang diberikan kepada Aaron Ramsey membuat Joe Allen dan Bale harus bekerja keras untuk mencari jalan keluar membongkar barisan belakang Irlandia.

Jerih payah Wales akhirnya membuahkan hasil di menit ke-73. Gareth Bale dari sisi kiri untuk mengirim umpan silang mendatar, McAuley yang cepat mencoba untuk mendorong bola ke gawangnya sendiri bukannya mengarah yang tidak bisa diantisipasi oleh McGovern yang sudah maju. Wales memimpin 1-0.

Memasuki sepuluh menit terakhir pertandingan, Chris Coleman menginstruksikan pemainnya untuk lebih dalam yang terakhir untuk mengamankan kemenangan. Situasi ini mencoba untuk menggunakan equalizer Irlandia.

Namun, jumlah pemain yang berada di daerah Wales permainan itu sendiri membuat kebingungan Irlandia di terobosan bola tiriskan. Salib masih merupakan pilihan pemain Irlandia untuk setidaknya membuat kekacauan di kotak penalti Wales.

Pada menit ke-93, sebuah sudut Irlandia Utara menjadi kesempatan terakhir mereka untuk mencetak gol. Bahkan, kiper McGovern hadir di area penalti Wales. Namun, sampai peluit berbunyi panjang, Wales berhasil mempertahankan kemenangan 1-0 di Irlandia Utara.

Tim

Wales: Hennessey; Gunter, Chester, Williams, Davies, Taylor; Ledley (J. Williams 64 ‘), Allen; Ramsey, Bale; Vokes (Robson-Kanu 57 ‘)

Irlandia Utara: McGovern, McAuley (Magennis 85′), J.Evans, Davis, Lafferty, C.Evans, Dallas, Norwood (McGinn 81 ‘), Hughes, Ward (Washington 71’), Cathcart